Tuesday, 20 Feb 2018
Temukan Kami di :
Nasional

Luar Biasa! Satgas FPU 9 Indonesia Terima Medali Kehormatan Tertinggi PBB

Aisyah Isyana - 05/12/2017 20:37

Beritacenter.COM - Personel Satgas Garuda Bhayangkara II FPU 9 Indonesia, dianugrahi medali kehormatan tertinggi PBB, atau yang biasa dikenal dengan UN Medal Parade, atas misi kemanusiaan UNAMID di Markas FPU Indonesia, Garuda Camp, Senin (4/12/2017).

Pada kesempatan itu, Satgas Garuda Bhayangkara II FPU 9 secara langsung menggelar upacara UN Medal Parade. Upacara itu dipimpin langsung UNAMID Police Commissioner Jenderal Pricilla Makotose.

Bertindak sebagai Komandan Upacara Wakil Komandan Satgas Garuda Bhayangkara II FPU 9 Kompol Arthur Sameaputty.

Upacara UN Medal Parade dihadiri delegasi Indonesia yang dipimpin Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Inspektur Jenderal Pol Drs. H.S Maltha, pejabat UNAMID, para komandan Kontingen FPU dan PKF, Sudanese Police Force (SPF), Sudanese Military, National Intelligent of Sudan (NIS) dan UNAMID Civilian Of Staf, IPO, Milstaf dan Milobs.

Irjen H.S Maltha dalam sambutannya mengaku sangat bangga kepada Satgas Garuda Bhayangkara II FPU 9 yang telah menunjukan dedikasi dan profesionalismenya dalam mengharumkan nama bangsa di dunia internasional.

“Saya mengakui bahwa seluruh personel FPU 9 di bawah pimpinan AKBP Ahmad Arif Sopiyan, SIK merupakan personel profesional, berdedikasi dan masing-masing memiliki inovasi dan kreativitas tinggi," ungkap Irjen H.S Maltha, Senin (4/12).

"Ini terbukti pada saat pertama kali saya datang ke sini bulan Juli 2017, lapangan upacara ini hanya sebuah lapangan pasir yang kelihatannya tandus, tapi sekarang berubah menjadi lapangan upacara yang megah dan berkelas, tapi lebih mengharukan lagi adalah kalian membangun Tribun ini dengan diberi nama Tribun Brigadir Azis Sumanto,” tambahnya.

Diketahui, pemberian nama tersebut merupakan perwujudan solidaritas dan penghargaan terhadap anggota FPU yang meninggal dalam tugas.

“Selamat bertugas sampai akhir misi, saya tunggu di Jakarta, kesuksesan menunggu saudara di sana,” ujar Kadivhubinter Polri.

Pada kesempatan itu, AKBP Ahmad Arif Sopiyan selaku Dansatgas FPU 9, AKBP Teguh Wibisono, SIK selaku Dankon IPO, AKBP Satri Ardi, SIK selaku Wadankon IPO dan Kompol Arthur Sameaputty selaku Wadan Satgas FPU 9, menjadi perwakilan penyematan UN Medal dari Police Commissioner.

Inspektur Upacara Madam Pricilla Makatose memberikan apresiasi terhadap profesionalisme dan disiplin yang tinggi dari seluruh anggota Satgas Garbha II FPU 9. Menurutnya, Satgas FPU 9 telah berhasil menjalin kedekatan dengan masyarakat Sudan khususnya di Darfur.

Madam Pricilla menegaskan, agar hal ini tetap dipertahankan dan wajib dicontoh oleh kontingen lain. Diakhir amanatnya, ia menyampaikan terimakasih dan rasa bangganya kepada Kontingen Indonesia karena dapat bekerja dengan baik dan telah mempersembahkan kontribusi sangat luar biasa.

“Saya ucapkan selamat atas penganugerahan UN Medal ini, saya bangga atas pencapaian profesionalisme saudara, sesuai motto Satgas FPU 9 “Honour, Honesty, Loyalty,” tutupnya.

Sebagai ungkapan rasa bangganya, seluruh personel FPU 9 menampilkan yel yel dan tarian Maumere yang memancing tamu undangan termasuk Police Commissioner dan Kadiv Hubinter bergabung untuk bergoyang dan bergembira bersama anggota FPU 9.



Berita Lainnya

Dituding OTT Pesanan, KPK: Itu Tak Penting

16/02/2018 20:12 - Anas Baidowi
Kemukakan Pendapat