Senin, 20 Nopember 2017 - 11:06 WIB

Dibalik Rahasia Dahsyatnya Manfaat dan Khasiat Surat Al-Ikhlas

Oleh : Indah Pratiwi | Senin, 06 Nopember 2017 | 21:18 WIB

Shares
Share Twitter Google+ Linkedin


Beritacenter.com - Di dalam Al Qur'an surat Al-Ikhlas mengkisahkan butiran-butiran tauhid tentang siapakah Allah SWT. Surat Al-Ikhlas yang terdiri dari 4 ayat memiliki nilai sepertiga Al-Qur'an.

Apakah jika seorang membaca surat Al Qur'an Al Ikhlas sebanyak tiga kali sama saja membaca satu Al Qur'an 30 juz?

Baca Juga: Rahasia Dibalik Dahsyatnya Khasiat Keutamaan Surat Al Fatihah

Dalam sebuah kisah, ada seorang sahabat yang mendengar orang membaca surat Al-Ikhlas dan diulang-ulang. Kemudian, sahabat tersebut melaporkan kepada Rasulullah SAW dengan menanyakan maksud surat tersebut mengapa diulang-ulang, Senin(16/11).

Kemudian, Rasulullah SAW bersabda:

وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ إِنَّهَا لَتَعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, surat Al-Ikhlas itu senilai sepertiga Al-Qur'an.” (HR. Bukhari 5013 dan Ahmad 11612).

Umat Nabi Muhammad SAW rata-rata memiliki usia yang relatif pendek dibandingkan umat terdahulu yang memiliki usia yang rata-rata berusia panjang. Dengan selimut hangat dan kasih sayang-Nya, Dia memberikan pahala ibadah kepada hambaNya dengan nilai yang beraneka ragam.

Baca Juga: Dibalik Rahasia Khasiat dan Manfaat Surat Ayat Kursi

Ada ibadah yang diberi nilai besar dan ada pula ibadah yang diberi nilai kecil sehingga umat Nabi Muhammad SAW yang rata-rata memiliki usia relatif pendek bisa mendapatkan pahala yang besar dalam melakukan amal serta kebajikan.

Seperti halnya salah satu contoh Lailatul Qadar yang nilainya lebih baik dari pada 1.000 bulan. Ada juga siapa yang sahalat di majidil haram mendapat 100.000 kali shalat dan siapa yang membaca surat Al-Ikhlas mendapatkan pahala membaca sepertiga Al-Qur'an.

Baca Juga: Ingin Segala Kebutuhan Tercukupi? Amalkan Ini...

Perlu diketahui, senilai pahala bukanlah senilai dalam amal. Perbedaan terletak diantara Al-Jaza dengan Al-Ijza. Al-Jaza adalah senilai dalam pahala yang dijanjikan. Sedangkan, Al-Ijza adalah senilai dalam amal yang digantikan. Itu artinya, apabila membaca surat Al-Ikhlas mendapat nilai seperti membaca sepertiga Al-Qur'an yang maknanya senilai dalam pahala(Al-Jaza).

Menurut Syaikhul Islam, Al-Quran sangat dibutuhkan manusia keterangan mengenai perintah, larangan, dan semua kisah yang ada, meskipun tauhid menjadi kajian hal paling penting dari semua itu. Ketika seseorang butuh untuk mengetahui perintah dan larangan dalam masalah perbuatan, dan butuh untuk merenungi setiap kisah, janji dan ancaman, maka kajian lainnya tidak bisa menutupi kebutuhan dia pada itu semua. Kajian tauhid tidak bisa menggantikan kajian perintah dan larangan. Dan demikian pula masalah kisah, tidak bisa menggantikan perintah dan larangan atau sebaliknya. Namun, semua yang Allah turunkan bermanfaat bagi manusia dan dibutuhkan mereka semua.

Baca Juga: Ingin Menjadi Orang Kaya Dan Terhindar Dari Siksa Kubur? Amalkan Ini...

Apabila seseorang membaca surat al-Ikhlas, dia mendapat pahala senilai pahala sepertiga al-Quran. Namun, bukan berarti pahala yang dia dapatkan sepadan dengan bentuk pahala untuk ayat-ayat Quran yang lainnya. Bahkan bisa jadi dia butuh bentuk pahala dari memahami perintah, larangan, dan kisah Al-Qur'an. Sehingga surat Al-Ikhlas tidak bisa menggantikan semua itu. (Majmu’ al-Fatawa, 17/138).

Sehingga apabila membaca surat Al Ikhlas maka dapat diartikan kalau membaca surat Al-Ikhlas senilai dengan membaca sepertiga Al-Qur'an. Jika kita membaca 3 kali surat Al-Ikhlas sama hanya kita membaca 1 Al-Qur'an penuh (30 juz).

Baca Juga: Ada 10 Perkara Doamu Tidak Terkunjung Terkabul

Selain itu ada beberapa khasiat dan manfaat membaca surat Al Ikhlas yang diantaranya:

1. Surat Al Ikhlas setara dengan Tsulutsul Quran
"Dari Abu Said (Al Khudri) bahwa seorang laki-laki mendengar seseorang membaca dengan berulang-ulang Qul huwallahu ahad. Tatkala pagi hari, orang yang mendengar tadi mendatangi Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan menceritakan kejadian tersebut dengan nada seakan-akan merendahkan surat al Ikhlas. Kemudian Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Demi yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya surat ini sebanding dengan sepertiga Al Quran". (HR. Bukhari no. 6643).

2. Membaca Al-Ikhlas 10 kali, Allah SWT akan membangunkan rumah di Surga

Sebuah hadis mengatakan :"Barang siapa membaca surah Al-Ikhlas hingga selesai 10 kali, maka Allah membangunkan baginya sebuah rumah di surga." (HR. Ahmad).

3. Mendapat cintanya Allah SWT
"Tanyakanlah kepadanya kenapa ia melakukan hal itu?" Lalu mereka pun menanyakan kepadanya. Ia menjawab, "Karena di dalamnya terdapat sifat Ar Rahman, dan aku senang untuk selalu membacanya." Mendengar itu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Beritahukanlah kepadanya bahwa Allah Ta'ala juga mencintainya." (HR. Bukhari).

Menurut Ibnu Daqiq Al Ied menjelaskan perkataan Nabi shallallahu alaihi wa sallam "Kabarkan padanya bahwa Allah mencintainya". Beliau mengatakan, "Maksudnya adalah bahwa sebab kecintaan Allah pada orang tersebut adalah karena kecintaan orang tadi pada surat Al Ikhlash ini. Boleh jadi dapat kitakan dari perkataan orang tadi, karena dia menyukai sifat Rabbnya, ini menunjukkan benarnya itiqodnya (keyakinannya terhadap Rabbnya)." (Fathul Bari).

4. Akan dilepaskan dari kesusahan
Abu Sa'id Al-Khanafi menerangkan:
"Surat ini dinamakan surat Al-Ikhlas, artinya bersih atau lepas, maka barang siapa yang membacanya dan mengamalkannya dengan hati yang ikhlas maka ia akan dilepaskan dari kesusahan-kesusahan duniawi, dimudahkan didalam gelombang sakaratulmaut, dihindarkan dari kegelapan kubur dan kengerian hari kiamat".

5. Tidak dapat digoda setan
Riwayat dari Sayyidina Ali
"Barang siapa membaca Suratul Ikhlas sebanyak 11 kali sesudah shalat subuh, maka setan tidak akan dapat menggodanya untuk berbuat dosa, meskipun setan itu dengan sungguh-sungguh hendak menggodanya pada hari itu".

6. Allah SWT akan melindungi hambaNya dari kejahatan
Sayyidah 'Aisyah menerangkan dari Nabi Muhammad SAW :
"Barang siapa membacanya sesudah selesai shalat jum'at; surat Al-Faatihah sebanyak 7 kali, surat Al-Ikhlas sebanyak 7 kali, surat Al-Falaq sebanyak 7 kali, dan surat An-nas sebanyak 7 kali, maka Allah SWT. akan melindunginya dari kejahatan sampai hari jum'at yang akan datang".

7. Allah SWT akan menjaga rumahnya
Dari Sayyidina 'Ali, :
"Rasullullah SAW bersabda : Barang siapa hendak pergi musafir, kemudian ketika hendak meninggalkan rumahnya ia membaca surat Al-Ikhlas 11 kali, maka Allah memelihara rumahnya sampai ia kembali".

Imam Ali bin Abi Thalib (sa) berkata:
“Aku mimpi melihat Nabi Khidhir AS pada malam besoknya perang Badar. Aku berkata padanya: ajarkan padaku sesuatu yang dapat menolongku dari musuh-musuhku. Nabi Khidhir AS berkata: bacalah: Yâ Huwa yâ Man lâ huwa illâ Huwa. Pagi harinya aku ceritakan kepada Rasulullah SAW. Kemudian beliau bersabda: “Wahai Ali, engkau telah mengetahui Ismul A’zham (nama Allah yang paling agung).”

Baca Juga: Ingin Agar Terhindar Azab Siksa Kubur? Coba Amalkan Ini...

 

Wallahu a'lam Bishawab





#Berita Kriminal Indonesia #Berita Center #Beritacenter


Shares
Facebook Twitter Google+ Linkedin



Komentar






Kriminal - 25 menit yang lalu

Waduh !! Oknum Guru Honorer Kuras Isi Kotak Amal Masjid

Beritacenter.COM - Seorang oknum Gurur honorer berinisial MN (36) menguras isi kotak amal masjid, aksi pelaku..
News - 50 menit yang lalu

Kapolda Papua Siapkan Satgas, Penuhi Permintaan Warga Kimbeli hingga Banti untuk Evakuasi

Beritacenter.COM - Warga asli penghuni perkampungan dari Kimberli hingga Bati, Distrik Tembagapura, Papua, meminta..
News - 1 jam yang lalu

Mengaku Terluka Berat, Setya Novanto : Diluar Dugaan Saya Kecelakaan

Di luar dugaan saya ada kecelakaan sehingga saya selain terluka, terluka berat dan juga di kaki dan di tangan dan juga di kepala masih memar
News - 2 jam yang lalu

Rasain! Pelaku Perampokan dan Pemerkosa Gadis Difabel di Yogya Diciduk Polisi

Beritacenter.COM - Nahas, nasib gadis tuna rungu dan wicara asal Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa..
Kriminal - 2 jam yang lalu

Sudah 20 Kali Beraksi, Jambret di Lampung Diciduk Tim Tekab 308

Beritacenter.COM - Pemuda pelaku penjambretan di Bandarlampung berhasil dibekuk polisi. Pemuda yang diketahui sudah..
News - 3 jam yang lalu

Brigjen Aris Budiman Pimpin Penangkapan Setya Novanto

Beritacenter.COM - Atas rekomendasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah sepakat..
News - 15 jam yang lalu

DPR Usulkan KSAU Jadi Panglima TNI, Marsekal Hadi : Saya Siap Melaksanakan Perintah

Beritacenter.COM - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018 mendatang. Komisi..
News - 16 jam yang lalu

Pasca Kecelakaan, Novanto Bingung Saat Diminta Mengingat Angka

Beritacenter.COM - Pengacara Setya Novanto, Fredrich Junadi mengatakan bahwa kliennya masih belum dapat mengingat..
Kriminal - 17 jam yang lalu

Polisi Ungkap Peredaran Sabu Dalam Kemasan Biskuit di Tolitoli

Beritacenter.COM - Polres Tolotoli berhasil mengungkap peredaran 750 gram narkoba jenis sabu, di Jalan Abdul Muis,..
News - 19 jam yang lalu

Kapolri, Ketua MUI, dan Ketua MPR, Hadiri Syukuran Muhammadiyah Ranting Pondok Labu

Beritacerita.COM - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menghadiri acara syukuran Muhammadiah Ranting Pondok Labu..
Entertainment - 20 jam yang lalu

Ciaaat.. Bos Alibaba Main Film Laga Barang Jet Li dan Donnie Yen

Beritacenter.COM - Bos Alibaba, Jack Ma, tengah menjajal kemampuannya dibidang akting. Orang paling kaya di China ini..
Kesehatan - 21 jam yang lalu

Hindari Memakai Baju Baru Tanpa Dicuci Dahulu Jika Tak Ingin Begini..

Terlepas dari kuman yang menempel di baju baru dan bisa masuk ke dalam tubuhmu jika kamu tidak mencuci sebelum memakainya
News - 22 jam yang lalu

Diduga Terpleset, Balita Tewas Tercebur di Gorong-gorong

Pada saat itu arus kali cukup deras, ditemukan sekitar 1,5 km dari tempat korban bermain sepeda
Entertainment - 23 jam yang lalu

Banyak 'Barang Terbang' di Depok Buat Kendaraan Melintas Pelan

Awalnya kami hanya coba-coba saja, namun para pemuda di kompleks ini termaksuk saya berinisiatif, untuk memperindah..
News - 1 hari yang lalu

(Video) Ngeri!! Beginilah Pengakuan Korban Kekerasan KKB di Papua

memang semua rumah di grebek, didatangi, bahkan sampai pintu rumah warga dirusak
News - 1 hari yang lalu

Video Pengakuan Kepala Suku Kimbely Saat Polri Lakukan Penyelamatan di Papua

Beritacenter.com - Sebuah video pengakuan dari seorang kepala suku Kimbely, Papua beredar. Dalam video tersebut..
News - 1 hari yang lalu

'Gara-gara' TNI-Polri, KKB Ngamuk di Papua

Secara keseluruhan sebenarnya sudah kondusif hanya saja memang pagi tadi ada gangguan dari mereka yang saat penyergapan kemarin lari
Peristiwa - 1 hari yang lalu

Warga Temukan Mayat Tunawisma Penunggu Rumah Kosong di Aceh

Beritacenter.COM - Warga Desa Reudep, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, dihebohkan dengan penemuan mayat pria tanpa..
Peristiwa - 1 hari yang lalu

Heboh..., Bayi Ini Meninggal Usai Makan Bubur Nasi Pisang

Beritacenter.COM - Belakangan ini sedang viral di media sosial berita tentang bayi berusia 10 hari yang harus..
Kesehatan - 1 hari yang lalu

Mitos Atau Fakta, Cabut 1 Uban Bisa Tumbuh Banyak Uban

Beritacenter.COM - Bagi mereka yang sudah berusia dewasa, maka pada kepala akan mulai bermunculan rambut dengan warna..
News - 1 hari yang lalu

Maksud Terselubung Pernyataan Gatot Nurmantyo Soal ‘Proxy War’

BeritaCenter.com - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo belakangan ini sering mendengung-dengungkan istilah proxy..
News - 1 hari yang lalu

Pemprov DKI Jakarta Gelar Operasi Siaga Bencana

BeritaCenter.COM – Di musim penghujan kali ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Operasi Siaga Ibu Kota..

+Indeks
Buat Artikel






 

About

  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi