Friday, 23 Feb 2018
Temukan Kami di :
Keuangan

Dana Bantuan Parpol Membuat APBN Semakin Tercekik

Indah Pratiwi - 28/08/2017 21:05

Beritacenter.com - Kenaikan dana Partai Politik dari Rp108 menjadi Rp1.000 persuara membuat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara(APBN) dibebankan dengan adanya Peraturan Pemerintah tersebut.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa kenaikan dana bantuan parpol tersebut sudah diberitahukan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang merupakan politikus dari Partai PDI-P.

Baca Juga: Negara Dibebankan Dengan Kenaikan Dana Parpol

"Jadi nanti kita proses saja," kata Sri usai menghadap Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (28/8/2017).

Sri menambahkan, pertimbangan terkait anggaran bantuan negara kepada Parpol tersebut setelah disebutkan oleh instansi-intansi terkait yang mengirimkan surat kepada Mendagri termasuk Kementrian Keuangan.

Meski demikian, secara rinci Menkeu Sri tidak menjelaskan secara rinci surat yang dikirimkan oleh KPK kepada dirinya. Sri Mulyani sendiri tidak menapik kenaikan bantuan dana parpol akan membebani anggaran negara(APBN).

"Mendagri menyampaikan usulan dan sesuai dengan peraturan pemerintah, sebelumnya nomornya saya lupa, itu telah disampaikan bahwa partai politik memang mendapatkan dana berdasarkan suara sah yang diperoleh. Ya setiap pengeluaran pasti membebani APBN dong," singkat Sri.

 

 



Berita Lainnya

Rupiah Kembali Melemah 23 poin di Rp13.628/USD

09/02/2018 18:49 - Aisyah Isyana

3 Cara Agar Uang Gaji Tak Habis Sia Sia

09/02/2018 08:31 - Dewi Sari
Kemukakan Pendapat