Friday, 23 Feb 2018
Temukan Kami di :
Bisnis

Bohongi Konsumen, Bareskrim Ancam Miskinkan Dirut PT IBU

Anas Baidowi - 03/08/2017 13:01

Beritacenter.COM - Dirut PT Indo Beras Unggul (IBU) Trisnawan Widodo (TW), ditetapkan jadi tersangka oleh Bareskrim Mabes Polri karena TW dianggap sebagai orang yang bertanggung jawab atas kecurangan pada konsumen. Akibat dari ulahnya tersebut, TW juga diancam akan dimiskinkan.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan, mereka akan mengenakan pasal lain terhadap Trisnawan.

"Kami akan melakukan satu penyidikan terhadap tindak pidana pencucian uang, di mana dalam proses produksi membuat kemasan dan beberapa pelanggaran perlindungan konsumen yang bisa dilanjutkan penyidikan ke TPPU (tindak pidana pencucian uang)," terangnya di Divhumas Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (1/8).

Baca : Curangi Konsumen, Dirut PT IBU Terancam 20 Tahun Penjara

Selain menjerat Trisnawan, nantinya penyidik akan mulai membidik tersangka lainnya. "Proses penyidikan tidak berhenti pada TW, tapi kami akan terus kembangkan proses penyidikan ini," tambahnya.

Dengan penyidikan ini, Polri juga meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tak perlu khawatir. "Ini murni penegakkan hukum karena undang-undang itu harus dioperasionalkan supaya benar mereka yang mendapatkan haknya," sambungnya.

Baca : Akibat Dustai Konsumen, Direktur PT IBU Langsung Masuk Jeruji

Sebelumnya, Trisnawan Widodo telah dijadikan tersangka dan dianggap orang yang paling bertanggunjawab atas kecurangan PT IBU. Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku diancam Pasal 144 juncto Pasal 89 UU RI No. 18 Tahun 1992 tentang pangan. Selain itu, dia juga diancam Pasal 8 huruf e UU RI No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan Pasal 382 bis KUHP tentang Perbuatan Curang.



Berita Lainnya

Kemukakan Pendapat