Sunday, 18 Feb 2018
Temukan Kami di :
News

Alasan Jokowi Menetapkan UN Agar Terus Dilanjutkan

Sari Intan - 19/12/2016 19:55

Beritacenter.com - Sebelumnya Mendikbud sempat membahas soal penghapusan pelaksanaan Ujian Nasional (UN), kabar resmi atau tidaknya UN ini dihapus belum jelas hingga akhirnya Presiden Joko Widodo angkat bicara.

Jokowi akhirnya menetapkan bahwa pelaksanaan UN akan tetap dilanjutkan. Keputusan tersebut sekaligus menolak usulan dari Mendikbud Muhadjir Effendy.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, alasan Jokowi mengambil keputusan tersebut karena menurutnya capaian Indonesia dalam Programme Internationale for Student Assesment (PISA). Dalam survei yang dilakukan oleh PISA, kata Pramono, Pendidikan di Indonesia sudah 'on the right track'. Maka dari itu, Jokowi memutuskan UN tetap dilanjutkan.

"Sebenarnya pendidikan kita sudah 'on the right track', meningkat secara tajam dari tahun 2003 ke 2016. Maka hal yang bagus ini, PISA memprediksi, pada tahun 2030, Indonesia akan menjadi bagian dari negara-negara yang sudah mempunyai pendidikan terbaik di dunia," kata Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/12).

Meski pelaksanaan UN tetap dilanjutkan, Pramono mengatakan, agar pelaksanaan UN harus lebih baik lagi dengan cara guru yang bersertifikasi.

"Sehingga dengan demikian harapannya UN ini bisa menjadi benchmarking untuk kemajuan para siswa kita di kemudian hari," katanya.



Berita Lainnya

DPR Digaji Rakyat Tapi Tak Mau Dikritik?

18/02/2018 10:30 - Hiliyah Azizah
Kemukakan Pendapat