Rabu, 22 Nopember 2017 - 20:08 WIB

Negara Yaman Pernah Digemparkan Dengan Sosok 'Penghuni Langit'

Oleh : Indah Pratiwi | Rabu, 30 Nopember 2016 | 15:09 WIB

Shares
Share Twitter Google+ Linkedin

Ilustrasi

Beritacenter.com - Sebuah kisah seorang pemuda yang bernama Uwais Al Qarni pernah mendiami bumi di zaman Rasulullah SAW. Uwais Al Qarni memiliki penyakit sopak, walau cacat tetapi pemuda tersebut dikenal oleh Rasulullah merupakan orang saleh dan sangat berbakti kepada Ibunya.

Uwais Al Qarni merupakan penduduk negeri Yaman yang hanya tinggal bersama ibunya. Uwais begitu senantiasa merawat dan memenuhi permintaan Ibunya. Namun, sewaktu ketika Ibunya ingin berangkat haji, Uwais pun termenung. Lantaran, perjalanan dari Yaman ke Mekkah sangatlah jauh, melewati samudera padang tandus yang gersang. Bagaimana mungkin Uwais bersama Ibunya harus mencapai kesana? sedang Uwais sangat miskin dan tidak memiliki kendaraan.

"Anakku, Ibu tak akan lama lagi bersamamu. Ikhtiarkanlah agar Ibu dapat mengerjakan haji," ujar sang Ibu.

Uwasi Al Qarni pun berpikir mencari jalan keluar. Dapatlah sebuah ide cemerlang yang kemudian dibelilah seekor anak lembu. Kemudian, ia membuat kandang di puncak bukit. Setiap hari ia berjalan bolak-balik naik turun perbukitan dengan menggendong seekor lembu. Orang-orang keheranan melihat tingkah laku Uwais karena dianggap aneh.

Semakin hari anak lembu makin besar dan Uwais pun memerlukan tenaga yang besar untuk menggendong lembu tersebut naik turun bukit. Tetapi, karena latihan setiap hari, anak lembu yang sudah besar itu tak terasa lagi digendongnya, bahka terasa ringan.

Selama 8 bulan Uwais berlatih, tibalah musim haji. Tubuh fisik Uwais makin berotot, tegap dan kuat. Ia menjadi bertenaga untuk membawa barang keperluan perjalanan haji. Baru tahulah orang-orang, bahwa Uwais membeli Lembu untuk latihan menggendong Ibunya sampai menuju Ka'bah menunaikan ibadah haji.

Ketika Uwais Al Qarni bersama Ibunya tiba dan wukuf di Ka'bah, cucuran air mata Ibu jatuh di pipi suci. Kemudian, Uwais dan Ibunya pun berdoa.

"Ya Allah, ampuni semua dosa Ibu," doa Uwais.

"Bagaimana dengan dosamu?," tutur lembut sang Ibu.

“Dengan terampuninya dosa ibu, maka ibu akan masuk surga. Cukuplah ridha ibu yang akan membawaku ke surga," ujar Uwais Al Qarni.

Perjalanan Madinah

Setelah beberapa tahun kemudian, Uwais Al Qarni meminta izin kepada Ibunya agar ia di izinkan untuk mengunjungi rumah Nabi Muhamad SAW. Uwais sebenarnya tidak tega meninggalkan ibunya yang sudah tua. Ibunya pun mengizinkan Uwais untuk menemui junjungannya dan ibu pun berpesan kepada Uwais agar setelah sampai di rumah Nabi, agar ia segera pulang ke rumah.

Akhirnya, Uwais pun mempersiapkan segala keperluan untuk Ibunya dan menitipkan sementara kepada tetangganya untuk dirawat. Pergilah Uwais menuju rumah Rasulullah SAW yang harus melewati lembah, perbukitan dan jurang terjal. Namun, hal itu tidak dirisaukan karena kuatnya niat Uwais Al Qarni ingin berjumpa dengan Rasulullah SAW.

Setelah tiba di kediaman Rasulullah, diketuklah pintu rumah Nabi Muhamad SAW sambil mengucapkan salam. Namun, saat itu Nabi tidak ada di rumah karena sedang berperang. Uwais hanya bertemu dengan Siti Aisyah r.a, Istri Nabi. Betapa gundahnya dan risau hati Uwais Al Qarni. Sudah jauh-jauh ia datang untuk berjumpa langsung dengan Nabi, tetapi tidak ia jumpainya.

Terlintas di pikiran Uwais untuk menunggu kedatangan Nabi dari medan Perang, tetapi kapankah Nabi Pulang? sedangkan ia teringat pesan ibunya yang terus terngiang-ngiang agar segera pulang. Uwais pun langsung pulang ke rumah dan tidak berhasil menemui Nabi.

Setiba Nabi Muhamad SAW di rumah usai perang, Nabi pun langsung menanyakan kepada Siti Aisyah r.a tentang orang yang mencari dirinya. Nabi pun besabda kepada sahabatnya bahwa Uwais merupakan orang yang taat kepada ibunya. Ia pun dijuluki sebagai penghuni langit dan bukan penduduk bumi.

Menurut keterangan Siti Aisyah r.a. memang benar ada yang mencari Nabi dan segera pulang ke Yaman, karena ibunya sudah tua dan sakit-sakitan sehingga ia tidak dapat meninggalkan ibunya terlalu lama. Nabi Muhammad melanjutkan keterangannya tentang Uwais Al Qarni, penghuni langit itu, kepada sahabatnya, “Kalau kalian ingin berjumpa dengan dia, perhatikanlah ia mempunyai tanda putih di tengah telapak tangannya.”

Setelah Nabi Muhamad SAW wafat, bergantilah kekhalifahan yang kemudian diamanahkan kepada sahabatnya Umar bin Khattab. Umar pun teringat pesan nabi itu, kemudian bersama sahabatnya Ali bin Abi Thalib mencari setiap musim haji penduduk dari asal Yaman untuk berjumpa dengan Uwais Al Qarni.

Setelah mendapatkan informasi bahwa Uwais Al Qarni ikut bersama rombongan di suatu musim haji dari Yaman, Umar pun menanyakan dimana Uwais berada. Kemudian, salah satu rombongan memberitahu bahwa Uwais berada di perbatasan kota menjaga hewan gembalanya.

Ditemuilah Uwais Al Qarni oleh Khalifah Umar bin Khatab bersama sahabatnya Ali bin Abi Thalib di sebuah perkemahan. Saat Umar ingin masuk ke perkemahannya dengan mengucapkan salam, rupanya Uwais sedang mendirikan shalat. Umar pun menunggu di luar.

Kemudian, keluarlah Uwais Al Qarni menemui Umar bersama Ali sambil menjawab salamnya. Sambil bersalaman, Umar dan Ali pun membalikan telapak tangan Uwais, seperti yang pernah disabdakan Nabi bahwa telapak tangannya ada tanda putih. Memang benar, tampaklah tanda putih di telapak tangan Uwais.

"Kami datang kesini untuk memohon didoakan dan istighfar dari Anda," Ujar Umar.

Uwais pun enggan dan berkata,: "Sayalah yang harus meminta doa pada kalian," Ujar Uwais.

Setelah didesak oleh sahabat Nabi tersebut, Uwais Al Qarni pun akhirnya mengangkat tangan dan berdoa dan membacakan istighfar untuk Umar dan Ali. Setelah didoakan, Khalifah Umar pun berjanji untuk menyumbangkan uang negara kepada Uwais sebagai jaminan hidupnya. Uwais pun menapiknya dan berkata kepada Umar dan Ali bahwa agar hari ini saja Uwais diketahui orang. Untuk hari selanjutnya biarlah ia tidak diketahui orang lagi.

“Hamba mohon supaya hari ini saja hamba diketahui orang. Untuk hari-hari selanjutnya, biarlah hamba yang fakir ini tidak diketahui orang lagi," ujar Uwais.

Wafatnya Uwais Al Qarni

Beberapa tahun kemudian, Uwais pun wafat. Namun, wafatnya Uwais Al Qarni yang tidak dikenal oleh penduduk Yaman lantaran fakir dan miskinya tapi wafatnya Uwais membuat gempar masyarakat Yaman pada saat itu.

Pada saat jenazah Uwais Al Qarni akan di mandikan, tiba-tiba sudah banyak orang yang ingin berebutan ingin memandikannya. Dan ketika di bawa ke tempat pembaringan untuk dikafani, di sana pun sudah ada orang-orang yang sudah menunggu untuk mengafaninya. Demikian pula ketika orang pergi hendak menggali kuburannya, di sana ternyata sudah ada orang-orang yang menggali kuburnya hingga selesai. Ketika usungan dibawa ke pekuburannya, luar biasa banyaknya orang yang berebutan untuk menusungnya.

Meninggalnya Uwais Al Qarni telah menggemparkan masyarakat kota Yaman. Banyak terjadi hal-hal yang amat mengherankan. Sedemikian banyaknya orang yang tak kenal berdatangan untuk mengurus jenazah dan pemakamannya, padahal Uwais Al Qarni adalah seorang yang fakir yang tidak dihiraukan orang. Sejak ia dimandikan sampai ketika jenazahnya hendak diturunkan ke dalam kubur, di situ selalu ada orang-orang yang telah siap melaksanakannya terlebih dahulu.

Penduduk kota Yaman tercengang. Mereka saling bertanya-tanya, “Siapakah sebenarnya engkau Wahai Uwais Al Qarni? Bukankah Uwais yang kita kenal, hanyalah seorang fakir, yang tak memiliki apa-apa, yang kerjanya sehari-hari hanyalah sebagai pengembala domba dan unta? Tapi, ketika hari wafatnya, engkau menggemparkan penduduk Yaman dengan hadirnya manusia-manusia asing yang tidak pernah kami kenal.mereka datang dalam jumlah sedemikian banyaknya. Agaknya mereka adalah para malaikat yang diturunkan ke bumi, hanya untuk mengurus jenazah dan pemakamannya.”

Tidak terkenalnya Uwais Al Qarni adalah permintaan kepada Khalifah Umar dan Ali bahwa agar dirinya dirahasiakan. Barulah semua orang tahu sebagaimana yang telah disabdakan Nabi, bahwa Uwais Al Qarni adalah penduduk langit.

 

 

 

 





#Beritacenter #Berita Kriminal Indonesia #Berita Center #Uwais Al Qarni #Penduduk Langit


Shares
Facebook Twitter Google+ Linkedin



Komentar






Kriminal - 11 menit yang lalu

Janjian Tawuran Lewat Whatsapp, Bocah 15 Tahun Tewas Dibacok

Kami menangkap sembilan pelaku dari 14 (pelaku) dan 5 sudah kami tetapkan sebagai DPO
Nasional - 47 menit yang lalu

Besok Novanto Akan Diperiksa Polisi di KPK

Beritacenter.COM - Tersangka kasus dugaan korupsi proyek e-KTP, Setya Novanto akan diperiksa penyidik Direktorat..
News - 1 jam yang lalu

Setnov Jadi Populer, Fahri: Saya khawatir dia bisa jadi Presiden

Beritacenter.com - Belakangan ini masyarakat Indonesia tengah diramaikan dengan kecelakaan yang melibatkan tersangka..
Kriminal - 1 jam yang lalu

Terungkap! Asal Usul Senjata dan Amunisi Yang Dimiliki KKB

Beritacenter.COM - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) memiliki senjata dan amunisi yang hingga saat ini belum..
News - 2 jam yang lalu

'Raja Jalanan' Tewas Usai Tabrak Truk Sampah Yang Sedang Parkir

Kronologi yang kita dapatkan sementara ini menyebutkan, bahwa sepeda motor korban tengah berjalan kencang, lalu..
Kriminal - 2 jam yang lalu

Awas! Berandalan Motor Sasar Remaja Sekolah di Depok

Beritacenter.COM - Risky Febriyanto (16) jadi korban keburutan sekelompok remaja tak dikenal saat diperjalanan pulang..
Entertainment - 3 jam yang lalu

Saat Rina Nose Lepas Hijab, Tika Eks T2 Mantap Berhijab

Sekarang udah dibatasi nggak semua kerjaan nyanyi diambil cuma talkshow sama host di acara religi
Kesehatan - 3 jam yang lalu

Kamu Wajib Tahu !!! ini Posisi Tidur yang Bikin Kamu Tak Lagi Mendekur

Beritacenter.COM - Apnea (gangguan) tidur terjadi saat saluran napas berulang kali tersumbat, membatasi jumlah udara..
News - 4 jam yang lalu

Hancurkan Santet di Tubuh Dengan Ayat Ruqyah Ini

Beritacenter.com - Pada saat ini, zaman telah berubah menjadi jauh lebih modern. Namun rupanya masih ada saja orang..
Nasional - 4 jam yang lalu

KPK Kembali Panggil Ade Komarudin Terkait Kasus e-KTP

Beritacenter.COM - Wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Ade Komarudin (Akom) kembali diperiksa Komisi..
News - 5 jam yang lalu

Reuni "212" Kental Aroma Politik 2019?

Beritacenter.COM - Reuni Akbar 212 yang rencananya digelar Monumen Nasional (Monas) Jakarta, pada Sabtu (2/12/2017)..
Peristiwa - 5 jam yang lalu

Buang Sampah Deket Rel, Nenek ini Tewas Tersambar KA

Beritacenter.COM - Seorang nenek bernama Kusmiyati (60) warga Desa / Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, tewas..
News - 5 jam yang lalu

Satgas Terpadu TNI-Polri Terus Memantau Situasi dan Kondisi Warga Tembagapura

Lebih lanjut Kamal juga membeberkan rencana evakuasi dengan beberapa cara. Salah satunya adalah mendekati tokoh agama.
Kriminal - 6 jam yang lalu

Berbekal Stik Golf dan Celurit, Belasan Remaja Diduga Hendak Tawuran Diciduk Polisi

Beritacenter.COM - Sebanyak 12 remaja diduga hendak melakukan tawuran di Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, diciduk..
Bola - 6 jam yang lalu

Jelang Lawan Barcelona, Allegri Tolak Perbandingan Antara Dybala dan Messi

Beritacenter.COM - Jelang melawan Barcelona, Allenator Juventus menolak perbandingan antara Paulo Dybala dan bintang..
Kriminal - 7 jam yang lalu

Polisi Tangkap Dua Bandar di Menteng, Amankan 9 Paket Sabu

Beritacenter.COM - Satuan Reserse Narkoba Polsek Menteng menangkap dua orang bandar narkoba. Keduanya bernama Dedi..
Kriminal - 7 jam yang lalu

Kawanan Rampok Ngaku 'Raja Begal' Satroni Rumah Pengusaha di Garut, Mobil dan Emas Raib

Beritacenter.COM - Komplotan rampok yang mengaku 'Raja Begal' menyatroni rumah Ade Juhana (55), seorang pengusaha..
Internasional - 7 jam yang lalu

Innalillahi !! 50 Orang Tewas Saat Tragedi Bom Bunuh Diri di Masjid Nigeria

Beritacenter.COM - Sebanyak 50 orang dikabarkan tewas dalam insiden bom bunuh diri di sebuah masjid di Mubi, tepatnya..
Kriminal - 8 jam yang lalu

Astaga !! Mahasiswa ini Cabuli Bocah Dibawah Umur di Masjid

Beritacenter.COM - Petugas Polresta Yogyakarta berhasil meringkus Mahasiswa asal Sumatera Utara ini AJ (22) yang..
Kriminal - 8 jam yang lalu

Pasang Wajah Ibu Negara Untuk Tebar Kebencian, Hazbullah Diciduk Polisi

Beritacenter.COM - Hazbullah (38) ditangkap Satuan Siber Bareskrim Mabes Polri karena telah memasang foto dari Istri..
News - 9 jam yang lalu

Koordinas TNI-Polri Dinilai Bagus, Lemkapi : Terus Pantau Pergerakan KKB di Papua

Kami meminta TNI dan Polri jangan lengah dan terus waspada. Karena sangat mungkin anggota KKB lainnya yang berhasil..
Peristiwa - 9 jam yang lalu

BNPB : Letusan Gunung Agung Bertipe 'Freatik'

Beritacenter.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) daerah mengatkan bahwa letusan Gunung Agung di..

+Indeks
Buat Artikel






 

About

  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Redaksi